Viva la Cosplayer

Jumat, 05 Februari 2010

Selayang pandang tentang cosplay





well, banyak orang yang suka sekali dengan hobby yang satu ini, tapi andai anda adalah seorang cosplayer, tahukah anda dari mana sebutan itu berasal?

Cosplay berasal dari bahasa Inggris yang merupakan sebuah singkatan dari 2 buah kata, costume dan player, atau secara harfiah berarti pemain kostum, orang-orang yang bermain-main dengan kostum, hobby yang berhubungan dengan kostum, dll
Akar dari tradisi ini sebanarnya di mulai dari negara Amerika, dimana, pada saat Hellowen, anak-anak di sana suka sekali berkeliaran dengan kostum-kostum yang menakutkan di malam-malam Hellowen. Kemudian tradisi unik ini, di adaptasi dengan cukup baik lagi oleh remaja dari negara Jepang. Dengan sifat remaja Jepang yang cenderung kreatif dan dinamis ini, Cosplay berkembang menjadi identitas dan menjelma menjadi pop culture yang di gandrungi generasi2 muda dunia.
Ratusan judul anime, sebutan dalam bahasa Jepang untuk film animasi dan manga, sebutan dalam bahasa Jepang untuk komik bergambar, membuat wabah Cosplay semakin menjadi-jadi. Remaja Jepang dengan kreatifitasnya yang tinggi dapat merubah barang-barang sederhana menjadi kostum-kostum yang menakjubkan.
kerinduan akan tokoh-tokoh pahlawan amsa kecil terkadang membuat mereka mentransformasikan kenangan-kenangannya dalam kostum-kostum yang nyata dan berbentuk 3 dimensi.
Indonesia, sebagai salah satu negara di Asia, juag tidak bisa menolak trend ini, di awal tahun 2000, Hobby baru ini semakin tumbuh dan berkembang, menghasilkan banyak sekali acara-acara yang mengusung Cosplay sebagai acara pokoknya.
Hingga kini, trend Cosplay semakin mewabah di indonesia, dan beberapa daerah bahkan ingin mengejar ketertinggalan dari kota-kota di pulau jawa yang sudah terlebih dahulu menyicipi hobby keren ini, seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, dll

So, jangan takut dan ragu kalau teman-teman juga ingin mencoba hobby ini, well, saya akan membantu kawan-kawan dalam serius menggeluti hobby ini, di blog ini saya akan membantu kawan-kawan sekalian untuk saling berbagi dalam hobby ini, berkenalan dengan teman-teman cosplayer yang se hobby, berbagi tips dan trik bagai mana membuat kostum dan membuat property cosplay dengan bahan yang murah dan meriah.

So, what do you waiting for? let`s play with costume...let`s Cosplay!!!!!!!

2 komentar:

pustakaclicker mengatakan...

wow ! q juga suka anime, banyak anime yg q suka ! kmaren2 z di kampus ku ngadain acara sejenis, cosplay pun ada !, tp kira2 hobi seperti ini bisa mengurangi rasa nasionalisme ga yach ?

iwang mengatakan...

hehehehe, thanks udah mampir mas, klo di pulau jawa, kayaknya yang ginian dah biasa, tapi kebetulan aq tinggal di Medan, cosplay dan acara2 jepang masih jarang sekali, makanya bangga bgt bisa menjadi bagian dari sebuah awal mula sejarah!
hobi seperti ini nampaknya sih tidak akan melunturkan semangat nasionalisme, toh, tokoh2 anime yang diperankan tidak jarang dalam ceritanya bukanlah dari negara jepang, seperti negara Konoha-nya naruto, good newsnya, beberapa tahun lalu kan memang butuh sebuah role model cosplay, karena pertama kali disemarakkan di Jepang, maka di indo juga banyak yang mengadaptasi tokoh2 dari jepang, tapi sebenarnya amerika juga punya brand cosplay sendiri lo, ya apalagi kalau bukan tokoh2 komik mereka. Nah good newsnya sekarang, indo juga mulai menggalakkan cosplay tokoh2 komik lokal! walau masih satu dua, tetapi karena sedikit jadi unik, dan karena unik biasanya sering di lirik, hehehe lumayan buat memperkenalkan tokoh2 komik kita yang sekarang mati suri, sehingga nanti, anak2 juga bakal bisa melihat si buta dari gua hantu versi 3 dimensi!